Kunjungan Industri Prodi Akuntansi 2022

Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta, kembali melaksanakan kegiatan rutin Kunjungan Industri (KI). KI adalah kegiatan kuliah lapangan yang menjadi bagian dari pelaksanaan mata kuliah dan proses pembelajaran di Prodi Akuntansi. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun, namun tidak terlaksana di taun 2020 dan 2021 karena terjadinya Pandemi COVID-19. Setelah penundaan pelaksanaan kegiatan selama dua tahun dan mempertimbangkan kondisi pandemi yang lebih kondusif, akhirnya Prodi Akuntansi berhasil menyelenggarakan kembali kegiatan ini di tahun 2022.

KI dilaksanakan selama 5 (lima) hari tepatnya pada tanggal 13 – 17 Juli 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 86 mahasiswa dan didampingi oleh Ketua Program Studi dan Dosen Prodi Akuntansi. Tujuan kegiatan KI kali ini adalah industri pariwisata di Provinsi Bali, diantaranya adalah UMKM Pia Ajik, Desa Wisata Panglipuran, dan Desa Adat Jimbaran. Kunjungan mahasiswa di UMKM Ajik diawali dengan penjelasan proses produksi, tour pabrik dan sesi diskusi didamping oleh bagian Humas Pia Ajik. Mahasiswa berhasil memperoleh pemahaman pengelolaan produksi dan pemasaran produk oleh – oleh khas Bali yang ternyata memiliki volume produksi dan perputaran persediaan yang tinggi. Pada kunjungan di Desa Panglipuran, mahasiswa mempelajari bagaimana dinamika pengelolaan desa oleh BUMDes Desa Panglipuran. Pada kunjungan di Desa Adat Jimbaran, dijelaskan oleh salah satu pengelola UMKM Kuliner bagaimana Pemimpin dan Tetua Desa Adat membuat kebijakan bahwa semua penduduk desa menjadi pemegang saham dari seluruh UMKM kuliner yang beroperasi di Desa Jimbaran. Hal ini sangat menarik dan dapat dijadikan referensi penelitian mahasiswa yang akan mengerjakan Skripsi.

Selama kegiatan KI rombongan dipandu oleh pemandu wisata dari Magneto Holiday dan pemandu wisata lokal dari Bali. Mahasiswa diberi pengetahuan tentang sejarah dan budaya masyarakat Bali yang sangat menarik dan sarat akan makna. Sebagai pelengkap kunjungan kali ini, mahasiswa mengunjungi objek wisata di bali seperti Istana Tampak Siring, Pantai Pandawa, Bedugul, Pasar Sukawati, Joger, dan Pusat oleh – oleh Krisna. Kegiatan KI telah memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa terutama peningkatan pengetahuan tentang pengelolaan bisnis pada industri pariwisata. Prodi Akuntansi akan melaksanakan kegiatan KI secara rutin dengan program dan tujuan yang lebih baik dan berkualitas lagi di masa yang akan datang.

.

Berita Sebelumnya WEBINAR KSPM 2021
Berita Selanjutnya “Kuliah pakar Be A Story Teller : Bercerita Hasil Penelitian Universitas Respati Yogyakarta”